Blurb atau Sinopsis?

Gambar

Selama ini saya taunya cerita di bagian cover buku adalah sinopsis. Ternyata, baru-baru saya baru tau, kalo udah terjadi salah kaprah

Sinopsis secara definisi kamus berati “gambaran umum tentang pokok bahasan sebuah karya tertulis; abstrak atau ringkasan.” Padahal yang kita maksudkan lebih mendekati blurb, “deskripsi promosional yang terdapat pada sampul buku.”

sumber : Editor Mizan

Tapi saya sepakat dengan penulis di editor Mizan, tetap menggunakan istilah yang lazim saja, yaitu sinopsis đŸ™‚

Buat saya sinopsis itu penting. Saya bisa langsung memutuskan membeli sebuah buku dalam hitungan menit, apabila sinopsisnya dirasa sangat menarik. Tentunya faktor-faktor lainnya juga mempengaruhi, seperti penampilan cover, pengarang, penerbit, harga, dll. Tapi buat saya, sinopsis yang mejadi pertimbangan utama

Sumber foto :

http://tullyschools.org/teacherpage.cfm?teacher=218

6 thoughts on “Blurb atau Sinopsis?

Leave a Reply

