[Movie] Gossip

GossipposterCredit

Jenis Film : Drama, Mystery, Thriller
Sutradara : Davis Guggenheim
Pemain : James Marsden, Lena Headey, Noorman Reedus, Kate Hudson, Eric Bogosian, Joshua Jackson

Cerita berawal dari 3 orang mahasiswa, yaitu Derrick Webb (James Marsden), Cathy Jones (Lena Headey), dan Travis (Norman Reedus) yang tinggal bersama, menyewa sebuah studio. Tidak hanya tinggal bersama, mereka juga sama-sama mengambil mata kuliah komunikasi – Prof. Goodwin (Eric Bogosian). Saat itu, Prof. Goodwin sedang mengajarkan tema gossip. Dan untuk tugas akhir, ketiga sahabat itu sepakat untuk membuat gossip dan melihat hasil akhirnya.

Mereka sepakat untuk membuat gossip tentang Naomi Preston (Kate Hudson) yang sudah berhubungan intim dengan pacarnya Beau Edson (Joshua Jackson) di salah satu kamar, saat pesta dengan beberapa teman. Seketika gossip pun menyebar. Reputasi Naomi yang selama ini dikenal sebagai gadis yang masih menjaga keperawanannya, pupus sudah.

Gossip pun berkembang semakin liar. Dari gossip berhubungan intim dengan pacar, berkembang menjadi gossip kalau Naomi suka melakukan hubungan intim dengan lebih dari 1 pria sekaligus. Dan, terus berkembang semakin liar.

Ketika gossip mulai berubah lagi kalau dia sebetulnya gak pernah berhubungan intim karena kejadian sebenarnya adalah dia diperkosa oleh pacarnya, Naomi mulai terpengaruh. Seingat dia, saat pesta tersebut mabuk berat. Pacarnya berusaha mengajaknya berhubungan intim tapi dia berusaha keras menolak. Kejadian berikut yang dia ingat adalah dia terbangun di sebuah kamar, sendirian. Pacarnya bilang kalau dia memang berusaha mengajak Naomi berhubungan intim tapi karena terus ditolak, dia pun meninggalkan Naomi yang sedang mabuk berat sendirian di kamar.

Gossip yang terus menerpa, membuat Naomi tidak percaya dengan penjelasan pacarnya. Dia malah melaporkan kejadian tersebut ke polisi dan mengakibatkan pacarnya ditangkap.

Cathy, salah satu dari penyebar gossip, awalnya menikmati perkembangan gossip yang terjadi. Apalagi ternyata Cathy memang kelihatannya punya dendam. Naomi pernah menggosipkannya kalau dia pernah berhubungan intim dengan Prof. Goodwin.

Tapi, melihat perkembangan gossip yang semakin liar dan gak terkendali. apalagi sampai ada yang harus dipenjara, membuat Cathy harus menyelesaikan semuanya. Awalnya dia mengajak kedua temannya yang sama-sama membuat gossip itu. Derrick menolak, padahal sebetulnya dialah saksi kunci yang benar-benar melihat kejadian antara Naomi dan Beau di pesta itu. Kejadian yang gak pernah terjadi. Travis, gak enak hati sama Derrick karena selama ini kehidupannya banyak dibantu sama Derrick.

Cathy juga awalnya masih berubah-ubah. Karena dalam hati dia mencintai Derrick. Dan Derrick tau itu, jadi dengan caranya dia selalu merayu Cathy.

Karena teman-temannya gak ada yang setuju  dengan usulnya, Cathy memutuskan menyelesaikan sendiri. Awalnya dia melapor ke pihak sekolah dan berwajib. Tapi gak ada yang percaya. Cathy memutuskan bicara dengan Naomi dan ternyata dia baru tau kalau selama ini ada hubungan masa lalu antara Naomi dan Derrick. Naomi menolak cerita bahkan mengusir Cathy setelah tau Derrick ada dibelakang semua ini membuat Cathy memutuskan mencari tahu sendiri.

Ternyata, Derrick dan Naomi adalah sepasang kekasih saat SMA. Derrick pernah berusaha memperkosa Naomi. Kejadian tersebut membuat Derrick, anak dari keluarga kaya raya, diusir dari keluarga dan kotanya.

Cathy mengkonfirmasi kebenaran cerita tersebut ke Derrick, tapi ternyata sulit mendapat pengakuan Derrick yang memang lihai berkata-kata. Derrick bahkan berusaha mengulangi lagi usaha perkosaannya yang dulu gagal, setelah mendapat konfirmasi dari Cathy. Dan, walopun kembali gagal, mengalahkan Derrick ternyata sulit karena pintar berkelit.

Cathy lalu bekerja sama dengan Prof. Goodwin, Naomi, Beau, dan beberapa pihak lainnya untuk mengalahkan kelihaian Derrick dengan menggunakan gossip. Diawali dengan bergossip kalau Naomi bunuh diri  gara-gara gossip yang menerpanya. Aibatnya banyak orang menyalahkan Derrick karena dialah yang mengembuskan gossip tentang Naomi.

Tapi, masih juga sulit untuk membuat Derrick mengaku. Ketiga sahabat ini bertengkar dan berakhir dengan tewasnya Cathy. Dan, akhirnya Derrick pun membuat pengakuan di depan Travis tentang usaha perkosaan tersebut asalkan Travis tidak melaporkan ke polisi tentang peristiwa penembakan yang menewaskan Cathy.

Setelah pengakuan didapat, terkuak kalau ini semua settingan. Cathy hanya pura-pura tewas. Travis yang sudah ‘terbuka matanya’ juga termasuk yang ikut dalam drama tersebut. Satu per satu, pihak lainnya keluar. Dan, endingnya terungkap kalau ini semua memang dendam Derrick ke Naomi.

Pendapat Saya:

Walaupun ini film tayang di tahun 2000, tapi masih pas dan cocok banget ditonton sekarang. Saya aja gak bosen walopun nontonnya berkali-kali. Saya juga suka dengan pemain-pemainnya, pas banget sama peran yang dimainkan.

Kenapa film ini saya bilang masih pas ditonton sampe sekarang, karena yang namanya gossip kayaknya sampai kapanpun banyak dilakukan dan disukai orang, termasuk saya *ups! :p Seperti kata ‘pepatah’ yang entah siapa yang memulai “Gossip, makin digosok makin sip”, itu sepertinya benar. Yang namanya gossip itu semakin banyak bumbu kayaknya semakin seru. Gak peduli kalau ceritanya udah melenceng jauh dari kebenaran, yang penting bergosip.

Iya… iya… saya memang kadang suka bergosip, kok. Tapi, apalagi setelah nonton film ini, semakin saya sadar untuk menghindari gossip yang terlalu heboh apalagi kalau kita gak tau kebenaran cerita. Cuma denger sana-sini. Kita juga gak mau kan digossipin? Apalagi kalau gossipnya liar banget, padahal kejadiannya gak kayak gitu.

Lebih parah lagi kalau yang digossipin sampe stress trus bunuh diri gara-gara gossip kita gimana? Ngeri, ya.

Kekurangan Film Ini:

Kekurangan film ini gak banyak, sih buat saya:

  1. Cathy diceritakan pernah digossipkan berhubungan intim dengan Prof Goodwin oleh Naomi tapi gak diceritain kenapa Naomi sampe tega membuat gossip itu ke Cathy.
  2. Banyak yang tau kalau Naomi itu masih perawan. Jadi, ketika ada kabar kalau Naomi berhubungan intim dengan Beau, banyak yang semangat ngegosipin. Kok, bisa ya banyak yang tau kalau Naomi masih perawan?

Tapi, ya itu hanya kekurangan kecil menurut saya. Mungkin kalau dibikin lengkap, pertimbangan durasi juga hihihi. Jadi gak perlu dipusingin, ditonton dan diambil aja moral storynya 🙂

Advertisements

9 thoughts on “[Movie] Gossip

  1. ameliatanti says:

    waaa.. kalo mbak Muna rekomen ganteng cari aaah….. kok bisaaa ya, aku ga tau ada filem ini? Apa karena pernah nonton tapi ga peduli? Eh, tapi kalo pemainnya ganteng biasanya aku inget loh *galau

    Like

  2. Orin says:

    Wuiihhhh…keliatannya penuh intrik gitu ya filmnya mbak Chi hihihihi, Tapi baca Joshua Jackson aku jd inget Dawson’s Creek, serial paling happening zaman aku SMU hahahahaha

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s