[Movie] The Great Gatsby

Basic RGBDirector: Baz Luhrmann
Base on: The Great Gatsby by F. Scott. Fitzgerald
Starring: Leonardo Dicaprio, Carrey Mulligan, Tobey Maguire, Joel Edgerton, Isla Fisher, Elizabeth Debicki
Release: 2013

The Great Gatsby, film yang diadaptasi dari judul yang sama karya F. Scott Fitzgerald. Cerita dengan setting kota New York era 20-an, diawali dengan kisah Nick Carraway (Tobey Maguire) yang sedang menjalani rehabilitasi karena kecanduan alkohol. Berkat saran dari dokter, Nick lalu menuliskan kisahnya ketika tinggal di New York. Nick pun menulis tentang Gatsby (Leonardo Dicaprio), seorang milliuner misterius yang menjadi tetangga sekaligus sahabatnya.

Nick pindah ke New York untuk bekerja di pasar saham, menempati sebuah rumah kecil ditengah himpitan rumah megah di daerah west egg, long island. Tetangga tepat disamping rumahnya adalah Gatsby, seorang milliuner misterius. Banyak orang hanya mengetahui Gatsby adalah seorang milliuner yang setiap malam, selama musim panas, selalu menggelar pesta besar-besaran di rumahnya. Semua orang kaya dan tersohor bisa bebas datang.

Suatu hari, Nick mendapatkan undangan untuk datang ke pesta yang digelar oleh Gatsby. Nick yang awalnya tidak mengerti kenapa orang sederhana seperti dia bisa diundang. Bahkan tidak tau sosok Gatsby, mulai mengenalnya hingga akhirnya mereka menjadi dekat dan sedikit demi sedikit mulai mengetahui masa lalu Gatsby. Ternyata bukan tanpa alasan kalau Gatsby mengundang ke pestanya. Nick adalah sepupu Daisy Buchanan (Carrey Mulligan), seorang wanita yang dicintai Gatsby sepanjang hidupnya.

Gatsby terlahir dari keluarga yang sangat miskin. Ketika menjadi tentara Gatsby bertemu dengan Daisy, mereka pun saling jatuh cinta. Gatsby lalu dikirim ke medan perang. Setelah perang usai, Gatsby tidak langsung kembali dan tidak pula ada kabar. Tidak ada kejelasan tentang keberadaan Gatsby, membuat Daisy akhirnya bersedia dinikahi oleh seorang kaya raya bernama Tom Buchanan (Joel Edgerton).

Kabar baru diterima menjelang hari pernikahan. Sebuah surat dari Gatsby yang meminta Daisy untuk menunggunya kembali ketika dia sudah menjadi orang kaya. Sayang kabar itu datang terlambat. Rencana pernikahan sudah harus dilaksanakan.

Mengetahui pujaan hatinya sudah menikah tidak menyurutkan rasa cinta Gatsby kepada Daisy. Rumah mewah bak istana yang di bangunnya di west egg, sebetulnya karena Gatsby ingin dekat dengan rumah Daisy. Setiap saat, Gatsby bisa memandang rumah Daisy dari rumahnya. Pesta setiap malam yang digelar juga sebetulnya karena Gatsby berharap suatu saat Daisy akan datang ke pestanya. Karena Daisy gak pernah datang, maka Gatsby lalu mengundang Nick untuk secara perlahan mendekatkannya kembali ke Daisy.

Berkat bantuan Nick, Daisy dan Gatsby pun kembali bertemu. Cinta lama mulai bersemi kembali. Sejak pertemuan yang rutin, tidak ada lagi pesta yang digelar di rumah Gatsby. Pers pun mulai bergunjing. Terlebih selalu ada sosok perempuan misterius (Daisy) yang selalu datang ke rumahnya.

Gatsby menginginkan lebih. Dia ingin Daisy menceraikan suaminya dan menikah dengannya. Daisy tidak bisa memutuskan. Di satu sisi, dia mencintai Gatsby. Di sisi lain dia juga seorang istri dan ibu. Walopun dia tau kalau suaminya juga punya selingkuhan. Tapi, terkadang suaminya mampu memikat kembali hati Daisy.

Tom, mulai mencurigai istrinya. Dia dan Gatsby pun bertengkar. Hingga Daisy pun pergi yang kemudian diikuti oleh Gatsby. Mobil yang dikendarai menabrak seorang perempuan bernama Myrtle (Isla Fisher).

Sebelum kejadian, Myrtle tengah bertengkar dengan suaminya. Suaminya mengetahui kalau Myrtle telah selingkuh dengan seorang kaya raya. Kemudian Myrtle lari keluar rumah dan tertabrak dengan mobil sport mewah yang langsung kabur. Tom menghasut suami Myrtle kalau yang menabrak adalah Gatsby, selingkuhan Myrtle, dan membujuknya untuk melakukan balas dendam. Padahal sebetulnya, yang menjadi pacar gelap Myrtle selama ini adalah Tom.

Nick yang awalnya merasa marah karena Gatsby dianggap pengecut sudah melakukan tabrak lari, akhirnya tau kalau yang menabrak bukan Gatsby. Daisy lah yang menabrak Myrtle. Gatsby meminta Nick untuk merahasiakan kebenaran tersebut. Lebih baik dia yang disalahkan. Apalagi dia semakin yakin kalau Daisy akan kembali kepadanya.

Saat hatinya sedang bergembira, menunggu kabar dari Daisy. Tiba-tiba, suami Myrtle menembaknya dari belakang. Gatsby pun tewas. Kematiannya tragis. Tidak ada satupun yang datang, kecuali Nick dan para wartawan. Berbagai media pun memberitakan kalau kematian Gatsby adalah karena ditembak suami dari kekasih gelapnya. Bahkan, Daisy yang dihubungi Nick pun lebih memilih memilih untuk pindah dari kediamannya daripada menghadiri pemakaman.

Hal ini membuat Nick menjadi sangat marah. Dia muak dengan kehidupan kota New York yang masyarakatnya penuh kepalsuan. Hanya sedikit orang yang tulus, salah satunya adalah Gatsby. Di akhir tulisannya pun, Nick memberi judul tulisannya “The Great Gatsby”.

TGG-Character-Map-535x879Pendapat saya

Film ini berangkat dari novel klasik yang katanya udah beberapa kali dijadikan film. Kalau baca beberapa review, banyak juga yang mengkritik film ini dengan membandingkan versi lama. Tapi, karena saya cuma nonton The Great Gatsby versi ini, pastinya gak fair kalau saya ikut membandingkan dengan versi lama.

Buat saya, The Great Gatsby versi yang terbaru ini bagus, kok. Gak bosen ditontonnya walopun durasinya lumayan panjang. Selalu aja perasaan saya terbawa ketika menonton film ini. Ada rasa senang, kesal, sedih, campur-campur, lah pokoknya.

Gatsby itu selain tulus juga tipe pria yang susah move on. Saking cintanya sama Daisy. Sampe bangun istana deket istana Daisy. Menggelar pesta setiap malam demi Daisy. Pokoknya segalanya untuk Daisy.

Paling suka ngeliat adegan Gatsby yang salah tingkah ketika akhirnya dipertemukan lagi sama Daisy. Orang kaya ganteng aja bisa segitu salah tingkahnya hahaha. Tapi, ekpresi Leonardo Dicaprio sebagai Gatsby yang cool juga saya suka ngeliatnya.

Sempet kesel lihat sikap Daisy. Udah tau ada laki-laki yang sangat mencintainya dan dia juga cinta kenapa juga sih gak balikan lagi? Suaminya juga tukang selingkuh. Tapi, ya, kalau dipikir-pikir gak semudah itu kali, ya. Daisy udah punya anak pula. Dan, perempuan emang kayaknya lebih suka meribetkan diri dengan pikiran ketimbang laki-laki hihihi.

Film ini gak cuma bercerita tentang cinta, perselingkuhan, serta kehidupan orang kaya raya dengan segala pesta yang gila-gilaan itu, sih. Ada pesan moral yang bisa saya tangkap. Seringkali kita atau orang lain hidup dalam kepalsuan. Entah karena memang udah tabiatnya yang palsu atau terpaksa. Dan, seringkali kita menilai seseorang hanya berdasarkan “kulitnya”.

Seperti kehidupan Gatsby. Milliuner yang kerap mengadakan pesta. Mungkin kita akan melihat asik banget hidupnya selalu bersenang-senang. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah hati Gatsby itu kosong. Tidak bahagia seperti yang orang anggap. Dia membuat itu semua untuk membeli kebahagiaan. Yang ternyata gak terveli juga dengan harga berapapun.

Kekayaan belum tentu bisa membeli kebahagiaan, begitu kalau kata orang bijak hehe. Untuk kita yang jelas punya kebahagiaan di depan mata, segeralah nikmati dan bersyukur. Bukan malah sibuk iri dengan orang yang yang kelihatannya bahagia. Padahal cuma kelihatannya, kita gak tau yang sebenarnya.

Kematiannya pun berakhir tragis dan diberitakan dengan tidak benar pula. Cuma Nick yang tau rahasia sebenarnya tentang Gatsby.

Saya juga jadi pengen berburu novelnya πŸ™‚

Advertisements

7 thoughts on “[Movie] The Great Gatsby

  1. ellykurnia says:

    Tragis 😭. Kayaknya kalau saya males, soalnya tipe yang suka happy ending lol. Cuma bagus maknanya. Tidak semua terbeli dengan uang, hidup itu kadang penuh kepalsuan hehehe. Salam kenal

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s